Akademika STKIP Muhammadiyah Lumajang Gelar Deklarasi Dukung Pemilu Damai Tahun 2024

PORTALJATIM.ID, LUMAJANG – Sebagai langkah mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang damai dan demokratis, STKIP Muhammadiyah Lumajang menggelar deklarasi pemilu damai di kampus mereka.

Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung penyelenggaran pemilu 2024 agar berjalan dengan damai tersebut, dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta pihak-pihak terkait, Senin (5/2/2024).

Dalam kesempatan ini Ketua STKIP Muhammadiyah Lumajang Eny Nur Wahyuni, S.H., M.Si, mengatakan Pemilu merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga :  2 Tiang Listrik Roboh dan Sebabkan 2 Desa Alami Pemadaman, Polsek Jelbuk Sigap Lakukan Evakuasi

“Kami percaya pemilu adalah momentum penting bagi demokrasi, dan kami berkomitmen untuk menjalankan proses ini dengan damai dan bertanggung jawab,” katanya

Menurutnya, peranan segenap komponen bangsa dalam menciptakan suasana pemilu yang aman, damai, dan kondusif merupakan hal mutlak dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Deklarasi ini mencakup komitmen untuk tidak terprovokasi dengan berkembanganya isu isu politik dan penyebaran berita bohong atau hoax yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya .

Baca Juga :  Kunker Posramil Licin, Dandim 0825/Banyuwangi Tinjau Langsung Lokasi Hanpangan

Ia juga menuturkan bahwa dosen dan mahasiswa sebagai cendikiawan tentu memiliki peranam penting dalam menjaga kondusifitas selama perlaksanaan pesta demokrasi.

“Mahasiswa memiliki peran strategis dalam terciptanya pemilu yang damai,”ungkapnya.

Ketua STKIP Muhammadiyah Lumajang, juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama menjaga kebhinekaan, jangan karena berbeda sehingga menimbulkan perpecahan bangsa.

“Mari bersama-sama kita jaga keberagaman pendapat, dan tunjukkan bahwa kita bisa menyampaikan pandangan dengan santun dan rasa tanggung jawab,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *