Gubernur Khofifah Tinjau Kesiapan Tol Paspro Exit Tol Gending

PORTALJATIM.ID, PROBOLINGGO – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan pemudik, Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Tol Pasuruan Probolinggo (Paspro) di Exit Tol Gending, Senin (10/4/2023) siang.

Peninjauan ini diawali dari gerbang Tol Probolinggo Timur di Desa Clarak Kecamatan Leces hingga Exit Tol Gending di Desa Pajurangan Kecamatan Gending dengan melintas menggunakan mobil.

Turut mendampingi Gubernur Khofifah, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Direktur Teknis PT Trans Jawa Pasuruan Probolinggo (Paspro) Jalan Tol Heri Supriadi serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Khofifah didampingi dengan Wabup Timbul dan Direktur Teknis PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol Heri Supriadi melihat-lihat dari dekat kesiapan Tol Paspro Exit Gending menyambut mudik lebaran 2023.

Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa mengatakan prediksi pemudik yang akan menuju Jawa Timur yang semula 18,1 juta menjadi 21,3 juta orang. Berarti ada tambahan pemudik sebanyak 3,1 juta orang.

“Ini artinya bahwa proses untuk bisa melakukan berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu, tentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi,” katanya.

Khofifah menegaskan akan melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bersama dengan Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya beserta jajaran Polres, Kodim serta Bupati/Walikota se-Jawa Timur untuk bisa menyiapkan secara komprehensif berbagai hal berkaitan dengan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman dengan berbagai infrastruktur yang maksimal.

Baca Juga :  Anak Seorang Montir Raih Medali Emas di Ajang Porsenijar Kota Denpasar 2024

“Salah satunya adalah Tol Paspro Pasuruan Gending ini yang diharapkan bisa memberikan layanan transportasi publik pada saat mudik lebaran nanti,” jelasnya.

Menurut Khofifah, mulai tanggal 16 April 2023 nanti Tol Paspro Exit Gending sudah akan difungsikan sampai dengan 30 April dengan format bahwa akan tetap ada pintu ini tetap di tap kartu tolnya dengan posisi bahwa ini 0 tarif.

“Jadi 0 tarif sampai dengan Probolinggo Timur, tapi tetap di tap. Artinya bahwa mereka yang mempunyai akses kartu tol yang memungkinkan bisa memanfaatkan Gending sampai dengan Probolinggo Timur ini,” terangnya.

Khofifah berharap bahwa apa yang dilakukan maksimalisasi layanan kepada para pemudik di hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah sekaligus cuti bersama. “Semua elemen masyarakat tentu kita harapkan bisa tetap menjalankan tertib lalu lintas supaya semuanya bisa berseiring dengan harapan mudik bahagia bertemu keluarga,” harapnya.

Sementara Direktur Teknis PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol Heri Supriadi menyampaikan saat ini pihaknya sedang bekerja keras untuk menyiapkan pada saat nanti tanggal 16 April 2023 siap untuk fungsional mudik lebaran. “Ada beberapa memang nanti akan diaspal. Jadi kita masih ada sekitar 6 titik yang perlu diaspal yang Insya Allah dalam waktu 2 hari ini akan selesai,” ungkapnya.

Heri menegaskan untuk di luar rest area siap per tanggal 15 April 2023. Untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di luar rest area sudah menyala tapi yang saat ini sedang diupayakan betul adalah rambu dan marka jalan. Untuk seluruh konstruksi 100% sudah selesai tinggal finishing.

Baca Juga :  CCS Gelar Anniversary 2 di Pantai Camplong Bersama 42 Komunitas Otomotif

“Tadi pengaspalan rambu, marka serta rumput-rumput yang memang dalam rangka penghijauan. Kami merencanakan untuk siap selama 16 hari beroperasi selama 24 jam. Kami juga menyediakan ambulans, mobil derek dan fasilitas untuk menambah keamanan dan kenyamanan kami upayakan,” jelasnya.

Lebih lanjut Heri menambahkan petugas di lapangan dibagi dalam tiga shift. Sehingga dalam rangka mudik lebaran selama 16 hari bisa dilalui dengan baik secara keamanan dan kenyamanan termasuk keselamatannya. “Progres pembangunan direncanakan beroperasi 24 jam,” tegasnya.

Menurut Heri, adapun dari Probolinggo Timur ada 8,57 KM, sementara aksesnya sepanjang 4 KM. Jika digabungkan menjadi 12,5 KM. Kemudian nanti saat operasi gerbang tol sudah berfungsi dalam arti keluar masuk harus nge-tap. “Namun memang saat ini kami buka walaupun karena kami masih harus uji lapangan dari dua hari ke depan,” tambahnya.

Sedangkan Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengungkapkan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak terkait dengan pembangunan jalan Tol Paspro Exit Gending sehingga tanggal 16 April 2023 sudah bisa dilakukan untuk mudik lebaran.

“Tugas kami di Kabupaten Probolinggo akan melengkapi semuanya, termasuk rambu-rambu yang ada di Kabupaten Probolinggo sehingga nantinya pada waktunya nanti tanggal 16 April 2023 kita sudah siap semuanya, termasuk personil juga sudah kita siapkan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *