Hebat, SMA ini Sudah Kirimkan Siswanya Untuk KKN di Desa

PORTALJATIM.ID, SURABAYA – Biasanya KKN atau Kuliah Kerja Nyata digelar di level mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi. Tapi di SMA ini siswa kelas 11 sudah diterjukan di masyarakat untuk melakukan kegiatan serupa KKN berupa Prorgam Kerja Nyata Siwa (PKNS).

Ya..program PKNS yang seperti KKN ini diadakan oleh SMA Islam Terpadu Al Uswah untuk siswanya kelas 11. Selama 4 hari para siswa tersebut harus tinggal apa adanya di desa.

Untuk tahun 2023 ini, ada 8 desa tujuan PKNS di Kabupaten Gresik dan Lamongan mulai 2 April hingga 5 April. 8 desa itu tersebut adalah desa Padek, Banjarsari dan Jono Kecamatan Cerme, Gresik serta Desa Kembangan Kecamatan Sekaran, Desa Pangean Kecamatan Maduran, Dusun Ganggang Desa Medalen Kecamatan Modo, Desa Kendal Kecamatan Sekaran dan Dusun Krajan, Desa Sukobendo, Kecamatan Mantub Lamongan.

Baca Juga :  Gelapkan Uang Perusahaan Rp499 Juta, Seorang Karyawati Distributor Alat Pertanian Ditangkap

“Tujuan diadakannya PKNS selama 4 hari ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat dan untuk memberikan manfaat kepada sesama,” jelas Ariswara Wiranegara, Kepala Sekolah SMAIT Al Uswah.

Lantas, apa saja yang dilakukan para siswa disana ? Najma Mei Mumtaz Nashirah, salah satu siswi yang mengikuti kegiatan PKNS di Desa Padeg, Kecamatan Cerme Gresik ini mengaku ada banyak kegiatan yang para pelajar lakukan di desa tujuan.

Baca Juga :  Satgas Pangan Mabes Polri Pastikan Harga Beras di Beberapa Wilayah Jawa Timur Mulai Menurun Stok Aman 

“Salah satunya mengajarkan mengaji kepada adik-adik di desa. Saya terharu ada adik yang tuna netra tapi mengajinya sangat bagus,” ungkap Najma dengan penuh haru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *