Lakukan Pemeriksaan Dokumen Dan Muatan Kapal, Personel Ingatkan Nahkoda Untuk Tidak Melebihi Kapasitas 

PORTALJATIM.ID, BANYUWANGI — Dalam rangka mengantisipasi korban jiwa dan kapal karam pada saat proses pelayaran berlangsung, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polresta Banyuwangi melaksanakan kegiatan patroli Preventif dan pemeriksaan muatan kapal. Jum’at (5/7/2024).

Kegiatan patroli yang dilaksanakan dalam rangka menjaga keamanan perairan dan antisipasi terjadi korban jiwa akibat muatan kapal yang melebihi kapasitas.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H., melalui Kanit Pos Kota Aipda H. Haerul Umam, S.H., mengatakan kegiatan patroli Preventif yang dilaksanakan bersama Kaurmintu Aipda Arief Irwanto dalam rangka melakukan pemeriksaan dokumen kapal, muatan kapal, dan memberikan sosialisasi pentingnya menyediakan alat keselamatan diatas kapal.

Baca Juga :  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Personel Satpolairud Lakukan Patroli Diarea Pelabuhan Tanjuwangi 

“Adapun kegiatan Patroli Preventif dan Binmas bertujuan untuk mengingatkan nahkoda dan nelayan untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah pesisir dermaga pelabuhan tradisional kampung mandar,” katanya.

Selain itu, Tak lupa kami mengingatkan kepada masyarakat pesisir pantai dermaga tradisional dan pemancing untuk selalu memperhatikan keselamatan pada saat melakukan aktivitas pemancingan di tengah laut,” ucapnya.

Dalam kegiatan Patroli dan Binmas yang di laksanakan, Aipda H. Haerul Umam dan Aipda Arief Irawanto menyampaikan sejumlah himbauan kamtibmas terkait keselamatan berlayar.

Adapun pesan yang disampaikan diatas kapal KM. Genius terdiri dari;

Kami menghimbau kepada pengurus kapal nahkoda, dan pemilik kapal untuk selalu memperhatikan faktor alat keamanan kapal dengan tidak membawa muatan yang melebihi muatan, mengesampingkan keselamatan diri sendiri serta orang lain saat beraktivitas di tengah laut khususnya perairan.

Baca Juga :  Tradisi Pedang Pora, Sambut Kedatangan Kapolres Jember yang Baru

Mengingatkan kepada kelompok nelayan dihimbau untuk waspada terhadap situasi cuaca yang masih cukup extrem dan di himbau untuk memasang dan menyalakan lampu tanda di atas kapal mereka ketika berlayar pada malam hari untuk mencegah terjadinya tubrukan atau kecelakaan laut,” ungkap.

Harapannya dengan adanya kegiatan patroli Preventif dan kehadiran anggota kepolisian di wilayah dermaga pelabuhan tradisional dapat memberikan rasa aman, nyaman dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *