Pj Bupati Ugas Buka Pride Of East Java Probolinggo Expo 2023 UMKM Dan Pendidikan

PORTALJATIM.ID, PROBOLINGGO – Pameran produk UMKM bertajuk “Pride of East Java Probolinggo Expo 2023 UMKM dan Pendidikan” yang digelar oleh Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo di sisi timur Alun-alun Kota Kraksaan resmi dibuka pada Jum’at (27/10/2023) malam.

Pembukaan Pride of East Java Probolinggo Expo 2023 ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si didampingi Rektor Universitas Nurul Jadid KH Abdul Hamid Wahid.

Turut mendampingi Pj Bupati Ugas, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo serta Forkopimka Kraksaan.

Tampak pula perwakilan Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Pembantu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ), Ikata Alumni (IKA) Unuja serta para pelaku UMKM Kabupaten Probolinggo.

Pembukaan ini diawali dengan peninjauan stand UMKM oleh Pj Bupati Ugas dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto. Dilanjutkan dengan penampilan Tari Glipang oleh siswa dan siswi SMAN 1 Gending.

Pride of East Java Probolinggo Expo 2023 UMKM dan Pendidikan ini dimeriahkan oleh penampilan Mlumah, komedian asal Malang. Aksi kocak kedua komedian tersebut mampu menghibur semua undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Rektor Universitas Nurul Jadid KH Abdul Hamid Wahid menyampaikan pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma selain pendidikan pengajaran dan penelitian. “Pengabdian masyarakat dilakukan dalam rangka mengamalkan ilmu dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat sekitar, termasuk didalamnya konteks ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga :  Laksanakan Pam dan Atur Lalin, Polsek Ngasem Pastikan Keselamatan Peserta Ngonthel Bareng Mas Bup dan KOSTI

Menurut Kiai Hamid, gagasan expo UMKM ini dilakukan untuk mendorong pemanfaatan infrastruktur makro yang berdampak pada infrastruktur mikro. Diharapkan KADIN agar bisa berpihak kepada UMKM dengan cara difasilitasi dan dijaga keberlangsungannya.

“Probolinggo Expo 2023 ini dilakukan oleh Universitas Nurul Jadid dalam kegiatan rangkaian Dies Maulidiyah VI dan wisuda Universitas Nurul Jadid untuk memberikan ruang bagi UMKM, khususnya yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan “Pride of East Java Probolinggo Expo 2023” ini menggambarkan semangat dan kebanggaan yang dimiliki terhadap keberagaman dan keunikan yang ditemukan di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang luar biasa antara Universitas Nurul Jadid dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Dalam kegiatan ini, kita menyajikan dua aspek kunci, yaitu sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta sektor pendidikan. Dalam kedua aspek tersebut, kita akan menunjukkan kepada dunia luar bahwa Kabupaten Probolinggo adalah tempat di mana inovasi, kreativitas dan kemajuan berkembang pesat,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ekonomi daerah. “Dalam Pride of East Java Probolinggo Expo 2023, kita akan melihat berbagai produk unggulan UMKM di Jawa Timur dan di Kabupaten Probolinggo pada khususnya serta memberikan dukungan yang lebih besar bagi pengembangan UMKM,” jelasnya.

Baca Juga :  Event Sepak Takraw Antar Pelajar Berhasil Digelar Oleh PSTI dan KWRI

Selain itu jelas Pj Bupati Ugas, pendidikan adalah investasi jangka panjang yang juga ditekankan dalam kegiatan ini. Universitas Nurul Jadid telah berperan besar dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo dengan menunjukkan hasil pendidikan yang berkualitas serta menciptakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

“Kegiatan yang berlangsung sampai dengan 29 Oktober 2023 ini akan menjadi wadah yang sangat baik untuk mengenalkan produk-produk lokal, pendidikan, potensi pariwisata, seni dan budaya Kabupaten Probolinggo serta inovasi dari para pelaku bisnis dan UMKM. Kami berharap kegiatan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi, mempromosikan kerjasama dan menciptakan peluang baru bagi warga Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Pj Bupati Ugas menambahkan bahwa kegiatan ini tentunya akan membawa harapan besar untuk UMKM lokal agar dapat meraih daya jangkau lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka. Harapan untuk Universitas Nurul Jadid dapat memberikan pendidikan berkualitas dan menghasilkan generasi masa depan yang berprestasi.

“Harapan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo agar dapat merasakan dampak positif yang dihasilkan dari Probolinggo Expo 2023 untuk membangun Kabupaten Probolinggo yang lebih baik, bermartabat dan berdaya saing,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *