Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Polres Lumajang Pastikan Siap Amankan Pemilu 2024

PORTALJATIM.ID, LUMAJANG – Polres Lumajang melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan agenda rapat persiapan pengamanan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Ruang Harmony Polres Lumajang, Jumat (13/10/2023).

Dalam rakor itu, hadir Kapolres Lumajang, Dandim 0821, Pemerintah Daerah, KPU, Bawaslu, para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Lumajang.

Kapolres Lumajang AKBP Dr. Boy Jeckson Situmorang, S.H., S.I.K, M.H, menyebut Operasi Mantap Brata akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023. Sebanyak hampir 7 ribu petugas keamanan akan disebar untuk mengamankan 3.322 TPS di seluruh Kabupaten Lumajang.

“Dalam operasi mantap Brata ini akan menurunkan 7679 personil untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Personil gabungan terdiri Polres Lumajang, TNI, Linmas, Satpol PP, Dishub dan beberapa pengamanan lainnya,” ujarnya

Baca Juga :  Anggota Jurnalis Probolinggo Ikuti Istighosah Bersama Habib Mahdi

AKBP Boy Jeckson mengatakan, diadakannya rakor ini mengingat pentingnya kerjasama antara Polri, TNI, Pemerintah daerah, dan penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

”Operasi Mantap Brata ini dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas komunikasi, kolaborasi, kordinasi lintas sektoral khususnya dalam pelaksanaan pengamanan pemilu tahun 2024,” ujarnya

Ia menyebutkan, Indikator kerawanan pemilu, keamanan polri membuat indikator di kabupaten Lumajang masuk kategori sangat rawan.

“Artinya kategori ke tiga ini provinsi Jawa Timur dari sisi keamanan masuk kategori.
Di periode ke dua skor 84, periode ketiga turun 65. Pertanyaan kenapa bisa turun indikator potensi kerawanannya, karena kita telah melakukan strategis Cooling System,” ujarnya

Baca Juga :  Hasil Vermin Perbaikan Pencalonan DPD RI, Keponakan Gubernur Khofifah Lolos

Kapolres menjelaskan, Operasi ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu, dan mengharapkan kondisi Operasi Mantap Brata berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga dapat menjamin Pemilu yang aman, damai, dan demokratis.

“Begitu juga dengan tahapan kampanye, supaya proses kampanye berjalan aman dan kondusif, termasuk pendistribusian logistik Pemilu dapat berjalan lancar tanpa kendala, sehingga proses Pemilu dapat berlangsung dengan baik,” jelasnya (YSN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *