Sekda Probolinggo Ingin Agendakan Kontes PE Ras Kaligesing Setahun Sekali

PORTALJATIM.ID, PROBOLINGGO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menghadiri dan menyerahkan piala kepada para pemenang Kontes PE (Peranakan Etawa) Ras Kaligesing Skala Nasional yang digelar di Paiton Resort Hotel, Minggu (19/3/2023).

Event bergengsi dan berskala nasional tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Cabang Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (DPC HPDKI) Kabupaten Probolinggo yang sempat terhenti akibat pandemi.

Tak hanya menyajikan lomba, pada event kontes juga ada kegiatan UMKM atau bazar olahan produk domba kambing Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Mahbub Zunaidi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yahyadi dan jajaran pengurus DPC HPDKI Kabupaten Probolinggo memantau langsung jalannya lomba dan sekaligus menyerahkan piala kepada para pemenang kontes.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan event atau kontes ini sangat luar biasa dan perlu ditingkatkan sekaligus diagendakan minimal satu tahun satu kali.

“Banyak manfaat yang didapat ketika memelihara kambing etawa ini. Selain minimnya terkena penyakit, manfaat dari susu kambing etawa ini sangat besar untuk kesehatan. Oleh karena itu saya berharap kepada pengurus DPC HPDKI untuk mengelola susu kambing etawa dengan baik,” katanya.

Baca Juga :  Jumat Curhat, Beda Dari Sebelumnya SKD Diaktifkan Kembali Membantu Polisi Dalam Menjaga Harkamtibmas 

Menurut Sekda Ugas, dengan adanya event atau kontes ini tentunya akan menarik perhatian masyarakat, baik masyarakat lokal ataupun masyarakat luar Kabupaten Probolinggo, sehingga secara langsung akan mengenalkan Kabupaten Probolinggo.

“Saya memberikan apresiasi atas terselenggarakannya kontes ini dan memberikan support kepada peternak kambing untuk lebih semangat lagi dalam memelihara kambing jenis etawa. Kambing ini diketahui memiliki kelebihan sebagai penghasil susu untuk kesehatan dengan nilai ekonomis yang tinggi,” terangnya.

“Saya selaku Sekda Kabupaten Probolinggo mengucapkan selamat dan mendukung program kontes dan mengajak kepada masyarakat untuk kibarkan ternak kambing di Kabupaten Probolinggo,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi sangat antusias dalam mengikuti event kontes dan akan mensupport kegiatan kontes selanjutnya. “Terus terang ini event yang sangat luar biasa. Tahun depan kami akan mencoba untuk merancang agar ada support anggaran dari APBD sesuai dengan kemampuan agar kami bisa mensupport kegiatan yang sama tahun depan,” ujarnya.

Lebih lanjut Mahbub menambahkan kegiatan ini akan berdampak multiplayer effect bagi daerah pelaksana, seperti pariwisatanya hingga perekonomiannya nanti akan bisa berputar. “Kami juga berkewajiban untuk mensupport kegiatan ini tahun depan,” terangnya.

Baca Juga :  Arzeti Turut Sosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan

Sedangkan Ketua DPC HPDKI Kabupaten Probolinggo Faishol Huda mengaku sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih atas support dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih atas support yang luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menjadikan event kontes ini menjadi ajang tahunan kedepannya,” ungkapnya.

Menurutnya, ratusan para peternak sangat antusias mengikuti event kontes Kambing PE Kaligesing yang selama ini terhenti akibat pandemi. Peserta open kontes ini diikuti oleh para peternak dari berbagai daerah di Jawa bahkan ada yang dari Sumbawa

“Karena ini merupakan kelas open kontes, jadi ada sekitar 200 ekor kambing yang terdata mengikuti lomba dari semua kelas jantan dan betina, baik kelas A, B, C, D, E dan kelas ekstrem,” jelasnya.

Dengan adanya support penuh dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo, ia mengharapkan semoga ini membawa manfaat untuk para peternak secara nasional khususnya para peternak yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Paling tidak bisa dikenal luas oleh masyarakat bahwa memelihara kambing unggul jenis etawa secara ekonomis lebih menguntungkan, dibandingkan beternak kambing lokal,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *