Semarak Festival Budaya Pandalungan 2023 Di Pelataran Candi Jabung

PORTALJATIM.ID, PROBOLINGGO – Festival Budaya Pandalungan tahun 2023 di Pelataran Candi Jabung Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo pada Sabtu (21/10/2023) sore berlangsung semarak dan meriah.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan bazar rakyat yang menampilkan produk UMKM, galeri BUMDes serta seni pertunjukkan meliputi Sendra Tari Glipang Kolosal, Teater Ketoprak Sri Tanjung dan Pangeran Sidopekso, Dongeng Wayang Legenda Candi Jabung, Performance Art dan Musik Etnik Tradisional Pandalungan.

Festival Budaya Pandalungan 2023 ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si didampingi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Taufik Alami, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Dwijoko Nurjayadi, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Heri Mulyadi dan Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Bambang Heriwahjudi.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Lantik PJ Bupati Se-Jatim

Sesampainya di lokasi Festival Budaya Pandalungan, Pj. Bupati Ugas meninjau stand UMKM yang berjajar di sepanjang lorong pintu masuk lokasi. Tak hanya meninjau, Pj. Bupati Ugas juga berbelanja aneka jajanan dan minuman dan kerajinan sambil berbincang santai dengan para pengrajin serta pedagang.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Ugas menyaksikan penampilan seni karawitan dan tari yang dipersembahkan oleh siswa dan siswi SDN Bago Kecamatan Besuk. Bahkan Pj Bupati Ugas ikut naik ke atas panggung berbaur dengan para penampil sebagai bentuk apresiasi dan support kepada mereka.

Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan apresiasi kepada siswa/siswi yang ikut melestarikan warisan budaya leluhur dalam Festival Budaya Pandalungan tersebut. Hal ini sebagai wujud kepedulian untuk melestarikan budaya leluhur yang saat ini banyak terlupakan.

Baca Juga :  Tanggap Bencana, Polres Sumenep Turunkan Personel Bantu Warga Terdampak Banjir

“Saya berperan kepada masyarakat agar ikut menjaga keutuhan dan kebersihan Candi Jabung dan lingkungan sekitarnya agar warisan budaya leluhur itu terjaga kelestariannya dan dapat terus dinikmati anak cucu kita,” katanya.

Sementara Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi menyampaikan budaya pandalungan banyak menciptakan produk seni dan budaya yang khas dan kuat.

“Hal tersebut berasal dari modifikasi hasil peleburan rakyat keturunan Madura yang dipadukan dengan budaya Jawa yang ada di bumi Jawa Timur. Antara lain kesenian masyarakat, adat istiadat, ritual adat budaya serta bahasa yang digunakan dapat memberi warna tersendiri bagi keragaman budaya dan suku di Indonesia,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *