Warning!! Kepada Warga dan Sopir Truck Yang Hendak Menyeberang Sungai Besuksat

PORTALJATIM.ID, LUMAJANG – Hujan deras yang mengguyur Lumajang Jawa Timur selama beberapa jam menyebabkan luapan air di sebagian sungai kawasan Kecamatan Pasrujambe, Sabtu (9/3/2024).

Luapan sungai Besuksat yang terletak di Dusun Munggir Desa Pasrujambe yang merupakan anak sungai resapan aliran Semeru, menyebabkan truck bermuatan pasir yang menyeberang di sungai tersebut mengalami kesulitan.

Di tengah situasi darurat itu, Kepolisian Sektor Pasrujambe bersama warga masyarakat yang berdomisili di sekitar aliran sungai bergerak cepat membantu memandu kendaraan yang kesulitan menyeberang di aliran sungai.

Empat anggota petugas jaga, begitu mendapat informasi dari masyarakat bahwa luapan air sungai Besuksat cukup tinggi, langsung menuju ke aliran sungai dan melakukan himbauan, baik bagi pengendara truck bermuatan pasir maupun masyarakat yang menyeberangi sungai tersebut.

Baca Juga :  Polres Sumenep Himbau Pengguna Transportasi Laut Waspadai Cuaca Ekstrem 

Kerja sama dan semangat kebersamaan terlihat jelas dalam upaya himbauan ini, Polisi dibantu warga masyarakat bahu membahu.

Kapolsek Pasrujambe Iptu Purwaningsih menghimbau kepada masyarakat yang melewati sungai tersebut agar lebih berhati-hati, apalagi saat hujan turun dan silahkan menyeberang saat air benar-benar surut.

Di tempat terpisah, Humas Polres Lumajang Ipda Sugiarto, S.H., mengatakan bahwa pihak Polres Lumajang dan Polsek yang ada di jajarannya telah menyiagakan personel pada titik rawan bencana banjir Kabupaten Lumajang.

Baca Juga :  Lakukan Patroli Tempat Wisata Ini Pesan Yang Disampaikan 

“Selain banjir, ada juga wilayah yang berpotensi longsor, dan sudah kita siapkan jalur evakuasi untuk penyelamatan warga jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujar Ipda Sugiarto.

Ia menyebut kehadiran petugas di tengah situasi darurat akan memberikan harapan dan kepercayaan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

“Dengan kerja keras dan semangat kebersamaan diharapkan semua warga juga tanggap bencana,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *